Monday, April 27, 2009

Honda Freed Terus Diburu Konsumen

Konsumen Indonesia sepertinya tak mengenal krisis. Setiap kali akan muncul produk baru, pasti langsung diserbu. Mau bukti? Honda Freed, contohnya
Produknya belum dilaunching, harganya aja masih dihitung-hitung, tapi yang inden ternyatasudah lumayan panjang.
Freed Freed, menurut Marketing and After Sales Director PT HPM Jonfis Fandy. Baru akandiluncurkan Juni mendatang, sebelum pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS). “Memang inden yang masuk dari dealer sudah cukup panjang. Ini karena pemberitaan tentangcukup gencar, meski kam belum menetapkan harga pastinya berapa,” tambahnya.
Menurut Jonfis, idealnya harga Freed berada di kisaran Rp 230 sampai Rp 250 juta, yang pasti di atas Jazz dan setara dengan Honda City. Saat ini, Jazz RS otomatik dijual Rp 213,5 juta atau standar otomatik Rp 201 juta. Sebagai pembanding, di negara asalnya, perbedaan harga antara Jazz dan Freed mencapai 450.000 yen atau bila dikonversi dengan kurs sekarang (Rp 113) sekitar Rp 50 jutaDi Jepang, Freed masuk kelompok minivan kompak. Hal tersebut didasarkan pada dimensinya: panjang 4.215 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.715 mm. Jarak sumbu roda 2.740 mm.
Khusus untuk jarak sumbu roda (wheelbase), Freed punya kelebihan. Pasalnya, dengan panjang 4.215 mm, jarak sumbu roda 2,740 membuat ruang interior lega. Dibandingkan dengan kendaraan sejenis yang dipasarkan di Indonesia, hanya Kijang Innova yang lebih besar dari Freed, yaitu 2.750 mm. Namun dimensi Innova lebih bongsor, yaitu panjang 4.555 mm.
Dengan daya muat 7 atau sampai 8 penumpang, Freed sangat menarik bagi keluarga dengan ruang garasi terbatas dan mereka yang suka serba-praktis. Dengan pintu samping belakang model geser yang memudahkan penumpang naik turun di ruang parkir yang sempit.
Kendati berkapasitas 1,5 liter - sama dengan Jazz - mesin i-VTEC yang diandalkan Freed mampu menghasilkan tenaga maksimum 120 PS @6.000 rpm, torsi 4,8 kgm @4.800 rpm. Di kelas 1,5 liter, mesin ini termasuk yang paling besar tenaganya, bahkan hampir mendekati kemampuan mesin 1,8 liter.
Fitur menarik Freed lainnya adalah transmisi otomatik CVT torque converter yang membuatnya makin sangat menarik, karena konsumsi bahan bakarnya dipastikan lebih irit.
Karena itu, wajar minivan Honda ini tak hanya ditunggu konsumen Indonesia. Konsumen seperti Thailand, Malaysia dan Singapora juga menunggu Freed dari Indonesia. Pasalnya, harga jual Freed rakitan Indonesia dipastikan lebih kompetitif dibandingkan bila diimpor langsung dari Jepang.
Ditambahkan, minivan yang disebut Honda sebagai “Compact & Big Space” ini, dipasarkan dalam dua versi. Namun Jonfis belum mau merinci perbedaan kedua varian tersebut. Apakah seperti Jazz, manual dan otomatik atau otomatik dengan fitur standar dan mewah (hi-grade).

No comments:

Post a Comment